Di pasaran, ada cukup banyak pilihan genteng baja ringan yang dapat Anda pilih untuk atap bangunan Anda. Tetapi agar kualitas atap bangunan Anda maksimal dan memiliki daya tahan yang cukup lama, Anda perlu untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini sebelum menentukan pilihan :

Melakukan tes terhadap kekuatan genteng

Salah satu hal yang perlu untuk Anda lakukan sebelum menentukan pilihan genteng baja ringan adalah melakukan tes kekuatan terhadap genteng tersebut. Genteng yang tidak cukup kokoh dan kuat, umumnya memang memiliki harga yang relatif lebih murah. Namun hal ini justru dapat merugikan Anda karena Anda memerlukan biaya pergantian genteng yang lebih sering karena genteng seringkali mengalami kerusakan. Cara untuk mengecek kekuatan genteng baja ringan salah satunya dengan menumpuk benda di atas genteng hingga kekuatan maksimum. Bila pada beban tersebut tidak ditemukan kerusakan, tentu genteng tersebut merupakan genteng dengan kekuatan yang baik.

Pilih jenis genteng yang sesuai dengan rangka

Tips lainnya yang dapat Anda terapkan saat memilih genteng baja ringan untuk hunian Anda adalah dengan menyesuaikan pilihan genteng dengan rangka yang Anda gunakan. Hal ini penting diperhatikan untuk menjaga keamanan bangunan Anda. Bila rangka atap yang Anda gunakan memiliki kualitas standar, tentu Anda perlu memilih genteng yang tidak memiliki banyak campuran agar tidak memiliki beban yang semakin berat. Bila Anda memilih genteng yang berat, namun dengan rangka atap berkualitas standar, hal ini akan membuat bangunan Anda menjadi cepat roboh atau mengalami masalah.

Melakukan tes untuk mengecek kemungkinan adanya kebocoran

Sebelum menentukan jenis genteng baja ringan manakah yang akan Anda pilih, tidak ada salahnya bila Anda melakukan tes terhadap kebocoran. Hal ini akan menunjukkan kualitas dari genteng yang Anda pilih. Adanya rembesan saat dilakukan tes kebocoran, dapat memberikan kesimpulan bahwa genteng tersebut memiliki kualitas yang kurang baik. Cara untuk melakukan tes kebocoran ini adalah dengan menyemprotkan air atau menyiramnya secara merata dan periksa apakah genteng tersebut mengalami rembesan dan kebocoran atau tidak.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *