Anda akan diinformasikan mengenai kekurangan serta kelebihan dari salah satu jenis genset yakni genset diesel. Genset memang memiliki manfaat dan kegunaan yang sama, namun setiap produk memiliki perbedaan meskipun tidak terlalu signifikan. Untuk penjelasan lebih lanjut, perhatikan ulasan berikut ini.

Setiap genset memiliki kegunaan untuk memenuhi kebutuhan daya listrik yang semakin hari semakin mengalami peningkatan. Apalagi saat ini tidak ada rumah yang tidak menggunakan daya listrik bahkan daerah pelosok sekalipun. Tapi ketika listrik yang disalurkan oleh PLN padam, maka daya yang dihasilkan oleh genset-lah yang menjadi satu-satunya tumpuan harapan. Salah satu genset yang memiliki kapasitas daya besar adalah genset diesel.

  1. Genset Diesel

Generator set diesel merupakan salah satu jenis genset yang menggunakan bahan bakar solar untuk proses pembakarannya. Genset ini termasuk genset yang mudah untuk dioperasikan dan diaplikasikan. Selain itu juga mesin generator ini memiliki kapasitas watt yang sangat tinggi sehingga Anda tidak perlu ragu akan kekurangan daya. Kapasitas dayanya berkisar antara 5kW atau setara dengan 5.000 waar hingga 2Mw atau 2.000.000 watt. Jadi bisa dipastikan ketika Anda memilih untuk mengandalkan genset diesel maka Anda tidak akan kecewa dengan kinerjanya yang mampu menghasilkan 2.000.000 watt. Tapi di balik itu semua Anda juga akan diberikan kejutan yakni kekurangan hingga kelebihan dari produk genset diesel ini.

  1. Kekurangan
  • Generator set berbahan bakar diesel memiliki suara yang bising sehingga dapat mengganggu indera pendengar dan masuk dalam kategori polusi suara. Tapi jangan khawatir karena kini telah tersedia genset diesel yang modern di mana tidak menghasilkan suara bising karena suaranya lebih rendah.
  • Generator set bahan bakar diesel juga memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan genset dengan bahan bakar bensin.
  • Genset diesel umumnya berukuran besar lebih besar dari genset bensin ditambah lagi dengan bobot yang berat.
  • Setiap genset memiliki gas buang tapi genset diesel menghasilkan gas buang yang lebih banyak sehingga bisa dipastikan dapat menjadi pengaruh polusi udara.
  1. Kelebihan
  • Torsi yang dimiliki oleh genset diesel lebih besar dibandingkan genset bensin di mana daya yang paling besar dihasilkan oleh genset diesel adalah 2.000.000 watt.
  • Efisiensi bahan bakar genset diesel juga lebih tinggi karena menggunakan bahan bakar solar.
  • Dalam segi perawatan genset diesel lebih mudah karena tidak terdapat busi.
  • Genset diesel bersifat tahan banting alias jarang mengalami kerusakan.
  • Dapat digunakan dengan kapasitas daya lebih tinggi dibanding genset bensin karena daya yang dimiliki besar.
  • Bahan bakar solar lebih murah dibandingkan bensin sehingga bisa dibeli dalam porsi yang banyak untuk jaga-jaga ketika solar langka.

Sekian penjelasan mengenai kekurangan dan kelebihan genset diesel yang bisa menjadi referensi Anda ketika ingin membeli genset.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *