Lampu PJU tenaga surya merupakan pilihan yang tepat untuk penerangan jalan ramah lingkungan. Komponen sel surya mampu menyuplai daya listrik secara independen dari cahaya matahari tanpa mengeluarkan emisi yang merusak lingkungan. Pemakaian panel surya di Indonesia yang merupakan negara tropis diharapkan lebih optimal. Pasalnya panas matahari yang kuat dapat menambah kuat arus listrik dan suplai aliran listrik. Dengan potensi tersebut, pemerintah daerah saat ini banyak menyediakan PJU atau penerangan jalan umum yang menggunakan sel surya. Untuk memasang PJU tenaga surya, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan yaitu sebagai berikut:

Perlukah Meminta Ijin ke Pemda?

Pengadaan PJU sebenarnya adalah wewenang dari pemerintah daerah untuk memenuhi kebutuhan fasilitas umum. Jika masyarakat ingin mengadakan PJU, Anda wajib meminta ijin dari pihak PEMDA supaya semua biaya pembangunan serta instalasi listrik dapat ditanggung oleh pemda. Untuk PJU tenaga surya, pembangunan ini sebenarnya dapat dilakukan secara swadaya. Pasalnya PJU tersebut tidak perlu biaya instalasi listrik untuk operasionalnya. Selain itu, pihak pemda biasanya juga tidak memvalidasi permintaan pemasangan PJU bertenaga surya tanpa perintah langsung dari pihak pejabat daerah.

Menentukan Ketinggian Lampu PJU

Hal yang pertama dilakukan untuk tahap pemasangan lampu PJU tenaga surya adalah memperkirakan ketinggian yang sesuai. Pemasangan PJU tersebut perlu diukur ketinggiannya untuk memastikan lampu tersebut mampu menerangi jalanan dan area di sekitarnya dengan baik. Ketinggian yang sesuai akan membuat suplai cahaya lampu yang diperoleh lebih efisien di wilayah tersebut. Setelah menentukan tinggi PJU, Anda dapat merakit komponen – komponen PJU tersebut.

Merakit Komponen PJU Tenaga Surya

Komponen – komponen yang perlu dirakit adalah baterai, lampu LED, panel surya, dan solar charge controller. Jika salah satu elemen kurang, maka lampu tenaga surya tidak akan berfungsi dengan baik. Komponen yang paling penting dan wajib adalah adalah solar charge controller. Piranti tersebut membantu sistem menyuplai jumlah listrik yang akan disimpan di baterai.

Jenis baterai yang digunakan untuk lampu PJU tenaga surya juga tidak boleh sembarangan. Pilihlah baterai yang sesuai dengan kebutuhan beban tegangan panel surya. Hal yang perlu dipertimbangkan mengenai sel surya adalah Days of autonomy, Depth of Discharge, dan Battery Temperatur Derating.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *