Bangunan yang kokoh haruslah terdiri dari berbagai bahan bangunan yang baik pula.  Kerangka atau fondasi merupakan hal yang paling penting pada sebuah bangunan. Fondasi yang kokoh akan membuat bangunan dapat berdiri dalam waktu yang relatif lama dan tahan terhadap berbagai cuaca. Salah satu kunci utama membuat pondasi yang kokoh adalah dengan memilih bahan baku pondasi yang kokoh pula, misalnya seperti besi baja. Besi baja merupakan salah satu logam yang sangat kuat dan mudah diperoleh, sehingga banyak digunakan sebagai kerangka utama sebuah bangunan. Salah satu besi baja yang memiliki banyak sekali nilai guna adalah besi CNP. Mungkin bagi kamu yang bergelut di dunia arsitektur atau pada bidang konstruksi bangunan, sudah akrab dengan besi CNP. Bagi kaum awam mungkin masih asing. Dalam artikel ini, kami akan coba menjelaskan untuk kamu apa itu besi CNP.

1. Bahan Baku Besi CNP

Besi CNP berbentuk seperti huruf C sehingga sering juga disebut sebagai kanal C. Besi CNP sering juga disebut sebagai balok purlin atau juga profil C. Fungsinya sebagai penopang atau sebagai fondasi membuat besi CNP haruslah memiliki bahan baku yang kuat pula. Besi CNP terbuat dari bahan utama pelat koil, yakni berupa lembaran baja atau galvalum yang dilapisi dengan chrome. Bahan baku tersebut dibentuk dengan teknologi tinggi dengan menggunakan metode cutting atau banding sehingga bentuk besi tersebut menyerupai huruf C. 

2. Ukuran Besi CNP

Besi CNP sendiri terdiri dari berbagai ukuran sesuai dengan kegunaannya masing masing. Secara umum besi CNP yang biasa digunakan pada bangunan adalah besi CNP dengan ukuran 60 x 30 x 10 mm, 75 x 45 x 15 mm, 75 x 35 x 15 mm, 150 x 50 x 20 mm, 200 x 75 x 20 mm, dan ukuran lainnya. Masing masing ukuran tersebut digunakan untuk kebutuhan bangunan yang berbeda beda. Ukuran yang berbeda beda tersebut membuat besi CNP bisa digunakan pada berbagai kebutuhan pada konstruksi bangunan. 

3.Fungsi Besi CNP

Besi CNP memiliki banyak sekali kegunaan, oleh karena itu hampir pada setiap bangunan menggunakan besi CNP. Pada umumnya besi CNP dimanfaat banyak orang sebagai kerangka atap, kerangka atau tiang pada bangunan, penutup atap, penutup dinding, konstruksi gedung, dan banyak lagi kegunaan lainnya. Besi CNP banyak digunakan pada setiap bangunan karena bahan bakunya yang sangat kuat, sehingga mampu membuat bangunan semakin kokoh dan tahan lama. Besi CNP juga menjadi pilihan utama dalam bangunan yang memiliki konsep anti gempa. Itulah mengapa banyak pengusaha jual besi CNP sangat sering digunakan untuk proyek pada setiap bangunan, baik bangunan kecil maupun pada bangunan yang besar. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *