Kehamilan momen yang ditunggu oleh suami istri. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan keturunan. Bahkan rela mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk menempuh program hamil. Salah satu masalah yang sering dialami oleh para wanita  dalam merencanakan kehamilan adalah menentukan masa subur. Apalagi bagi wanita yang tidak rutin siklus menstruasinya. 

Jangan khawatir, karena dengan perkembangan teknologi saat ini, masa subur Anda  bisa diketahui dengan alat tes kesuburan ovutest. 

Bagaimana mekanisme ovutest dalam mendeteksi kehamilan?

Ovutest atau ovulation test pack sekilas memang mirip dengan test pack kehamilan sehingga Anda harus cermat dan kritis saat membeli. Ovutest ini bekerja dengan cara mendeteksi perubahan luteinizing hormon (LH) dalam urine. Masa ovulasi atau masa subur ditandai dengan meningkatnya hormone LH, dan saat itulah merupakan saat terbaik bagi pasangan suami istri melakukan hubungan seksual.

Bagaimana cara penggunaan alat tes kesuburan Ovutest?

  1. Sebaiknya sebelum melakukan tes, Anda membatasi asupan air minum Anda dan segala bentuk cairan yang masuk ke tubuh sehingga hasilnya lebih akurat. 
  2. Pengujian ini tidak bisa dilakukan hanya sekali test. Berbeda dengan test pack kehamilan, pengujian kesuburan dilakukan pada periode waktu tertentu dengan jam yang sama di setiap harinya. Sebaiknya pengujian dilakukan antara jam 11 siang  hingga jam 3 sore. Jika Anda ingin menguji kesuburan Anda 2 kali sehari, Anda bisa melakukan pengujian dengan selang waktu antar uji sekitar 10 jam dalam sehari.
  3. Tampung urin Anda dalam sebuah wadah kecil dan celupkan alat ini sampai batas yang disarankan (biasanya tertera di kemasan) atau Anda bisa memegang alat ini dan memposisikannya di bawah vagina, sehingga alat tersebut terbasahi oleh urin Anda.
  4. Pada ovutest versi stik, garis warna-warni akan muncul sebagai tanda meningkatnya hormon LH dalam tubuh Anda. Hal ini merupakan tanda masa subur Anda (positif). Jika warna stik berubah-ubah maka hasil dikategorikan negatif. 
  5. Jika Anda menggunakan versi digital, masa subur pada alat ini akan ditandai dengan munculnya emoticon orang tersenyum.
  6. Biasanya waktu yang dibutuhkan oleh alat ini untuk mendeteksi positif/negatif adalah 10 menit setelah alat tercelup urin. Namun hal ini kadang berbeda tergantung merek dan jenis alatnya. Sebaiknya Anda membaca aturan pada kemasan sebelum menggunakannya. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *